Rabu, 22 Juni 2011

Otodidak Ms. Excel 2010 part. 4 : Cara Cepat : Mengedit dan memasukkan data dalam worksheet




Untuk bekerja dengan data pada worksheet, pertama Anda harus memasukkan data dalam sel pada worksheet. Kemudian, Anda mungkin ingin menyesuaikan data sehingga terlihat, dan menampilkan hanya cara yang Anda inginkan.

Icon imageMasukkan Data


   1. Klik sel, dan kemudian tipe data dalam sel itu.
   2. Tekan ENTER atau TAB untuk pindah ke sel berikutnya.

Tip Untuk memasukkan data pada baris baru dalam sel, masukkan satu baris dengan menekan ALT + ENTER.

   3. Untuk memasukkan serangkaian data, seperti hari, bulan, atau nomor progresif, ketik nilai awal dalam sel, dan kemudian dalam jenis sel berikutnya nilai untuk membentuk sebuah pola.

Misalnya, jika Anda ingin seri 1, 2, 3, 4, 5 ..., tipe 1 dan 2 dalam dua sel pertama.

Pilih sel yang berisi nilai-nilai awal, dan kemudian drag mengisi (mengisi menangani:.. Para kotak hitam kecil di sudut kanan bawah seleksi Bila Anda menunjuk ke mengisi menangani, pointer berubah menjadi salib hitam) Isi menangani di kisaran yang Anda inginkan untuk mengisi.fill handle  Fill handle

Tip Untuk mengisi dalam rangka meningkatkan, tarik ke bawah atau ke kanan. Untuk mengisi dalam urutan menurun, tarik ke atas atau ke kiri.
Ikon gambar

Icon imageAdjust settings / Menyesuaikan pengaturan

   1. Untuk membungkus teks dalam sel, pilih sel yang ingin Anda format, dan kemudian pada tab Home, dalam kelompok Alignment, klik Teks Wrap.
Alignment group on the Home tab
 
   2. Untuk menyesuaikan lebar kolom dan tinggi baris secara otomatis sesuai dengan isi dari sel, pilih kolom atau baris yang ingin Anda ubah, dan kemudian pada tab Home, dalam kelompok Sel, klik Format.
Cells group on the Home tab
Berdasarkan Ukuran Sel, klik AutoFit Lebar Kolom atau Tinggi Baris AutoFit.

Tip Untuk cepat autofit semua kolom atau baris dalam worksheet, klik tombol Pilih Semua, kemudian dobel-klik apapun batas antara dua kolom atau judul baris.
Select All button.

Icon imageFormat data

   1. Untuk menerapkan format nomor, klik sel yang berisi angka yang ingin Anda format, dan kemudian pada tab Home, dalam kelompok Nomor, klik panah di sebelah ke Umum, dan kemudian klik format yang Anda inginkan.
Font group on the Home tab

   2. Untuk mengubah font, pilih sel yang berisi data yang ingin Anda format, dan kemudian pada tab Home, dalam kelompok font, klik format yang Anda inginkan.
Font group on the Home tab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar